IPS Sekolah Menengah Atas Usaha apa saja yg dpt dilakukan mahasiswa calon guru IPS, untuk menjadi guru IPS

Usaha apa saja yg dpt dilakukan mahasiswa calon guru IPS, untuk menjadi guru IPS

Jawaban:

Penelitian ini bertujuan mengkaji peran guru IPS dalam pembentukan karakter peserta

didik serta faktor yang mempengaruhi peran guru dalam pembentukan karakter peserta

didik. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil

penelitian menyatakan peran guru IPS sebagai pendidik diwujudkan dengan

mengarahkan bakat dan kemampuan peserta didik, bertanggung jawab dan mewujudkan

kewibawaan. Guru IPS sebagai pengajar diwujudkan dengan merencanakan serta

melaksanakan pembelajaran. Guru IPS sebagai teladan diwujudkan dalam keteladanan

penampilan, pergaulan, dan kepedulian terhadap lingkungan. Guru IPS sebagai pelatih

diwujudkan dengan membangun kesadaran peserta didik, melakukan karakter yang

diajarkan bersama guru dan peserta didik.

Penjelasan:

Kesimpulan dihasilkan berdasarkan temuan dan pembahasan hasil penelitian yang telah

dipaparkan sebagai berikut. Peran guru IPS sebagai pendidik diwujudkan dengan

merencanakan pembelajaran, mengarahkan bakat dan kemampuan peserta didik,

bertanggung jawab dan mewujudkan kewibawaan. Guru IPS sebagai pengajar

diwujudkan dengan merencanakan pembelajaran serta melaksanakan perencanaan

pembelajaran tersebut. Guru IPS sebagai teladan diwujudkan dalam keteladanan

penampilan, bertutur kata, pergaulan, dan kepedulian terhadap lingkungan. Guru IPS

sebagai pelatih diwujudkan dengan membangun kesadaran peserta didik,

mencohtohkan, dan melakukan karakter yang diajarkan bersama guru dan peserta didik.

Faktor yang mendukung peran guru IPS dalam pembentukan karakter peserta didik

adalah pemahaman guru terhadap tugas dan fungsinya, memahami visi dan misi

sekolah, kesungguhan dalam menjalankan pekerjaan sebagai guru, memiliki empat

kompetensi dasar seorang guru, kerja sama dengan seluruh pihak sekolah, serta

dukungan dari orang tua peserta didik, sedangkan faktor penghambat peran guru dalam

pembentukan karakter peserta didik adalah terjadi miskomunikasi dengan pihak sekolah

dan yayasan terkait ketegasan guru dalam membentuk karakter siswa, selain itu orang

WXD SHVHUWD GLGLN WLGDN PHQGXNXQJ L¶WLNDd baik yang dilakukan oleh guru

disekolah dalam membentuk karakter baik dalam diri peserta didiknya.

[answer.2.content]